Kajian web Usability jamtanganku.com_Browser

User dengan tipe Browser, menurut Chak (2002), adalah orang yang baru pertama kali mengunjungi suatu website. Ia belum memiliki pengetahuan apapun tentang website tersebut. Ia membutuhkan bantuan untuk mengetahui “Dari mana saya harus memulai“. Website yang baik adalah website yang mampu mengatasi masalah tipe user ini, yang dapat membimbing user baru dalam menjelajah.

Pada situs jamtanganku.com, dengan melihat header yang terdapat gambar jam tangan dan teks yang menyatakan “pusat penjualan jam tangan merk terkenal” sangat mudah bagi pengunjung pertama untuk mengetahui bahwa situs ini merupakan situs yang berjualan jam tangan. Untuk mempermudah pengunjung baru, pada jamtanganku.com terdapat halaman “Cara Order” yang berisi panduan dan langkah-langkah untuk membeli jam tangan. Selain itu ada halaman “Alamat kami” yang berisi contact yang bisa dihubungi oleh pengguna, baik secara online dengan email atau alamatnya, nomor telepon, nomor handphone dan bantuan chat online. Bantuan chat online ini sebenarnya berupa status chat Yahoo! Messenger dari pemilik website.

Akan tetapi, pada situs ini tidak mencantumkan syarat dan ketentuan berlaku bagi pengunjung jika bertrasaksi, sehingga bisa dibilang situs ini tidak memiliki aturan yang jelas dalam menjalankan bisnisnya. Dan hal ini sangat tidak membantu bagi pengunjung pertama, karena pengunjung yang baru pertama kali masuk akan tidak percaya kepada situs ini dan menghambat mereka untuk melakukan transakasi di situs ini serta membuat mereka menjadi susah untuk mengenal situs ini.
Ada lagi hal yang cukup merugikan bagi situs itu sendiri, yaitu tidak adanya fitur untuk mendaftar menjadi anggota atau berlangganan dengan situs tersebut tidak ada. Padahal hal ini jika tetap diberikan akan sangat membantu situs dalam memperbanyak pelanggannya.

Akan tetapi ada kesalahan yang cukup fatal, yaitu pada fitur pencarian. Penempatan fitur ini berada jauh dihalaman bawah. Sehingga tidak akan terlihat jika user tidak melakukan scrooling yang cukup jauh kebagian baawah halaman. Penempatan seperti itu sangat susah untuk diakses oleh user yang baru pertama kali berkunjung. Seharusnya fitur pencarian diletakkan pada posisi yang mudah untuk ditemukan oleh pengunjung, karena fitur pencarian adalah fitur yang sangat membantu pengunjung baru dalam mencapai tujuanya.

Leave a Reply