Kajian web Usability jamtanganku.com_Pendahuluan

Perkembangan jaman diikuti oleh perkembangan teknologi yang sangat pesat telah membawa perubahan yang signifikan dalam banyak hal, salah satunya dalam hal jual beli. Bidang jual beli menjadi makin menarik. Salah satunya dapat dilihat dari maraknya situs-situs e-commerce atau jual beli yang dilaksanakan melalui internet. Hal ini menyebabkan website merupakan suatu hal yang sangat penting dan menentukan kesuksesan dalam berbisnis.

Tulisan ini merupakan salah satu dari serangkaian tulisan yang akan mengkaji mengenai usability dari sebuah situs e-commerce, sebagai tugas akhir mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer. Situs e-commerce merupakan website yang digunakan dalam proses belanja dan transaksi secara online. Website yang menjadi topik bahasan adalah web jamtanganku.com. jamtanganku.com adalah website yang menyediakan layanan jual beli online untuk jam tangan. Baik jam tangan untuk laki-laki maupun perempuan dari berbagai macam merk.

Kajian usability website ini difokuskan pada empat kategori user website bisnis seperti yang dikemukakan Andrew Chak (2002) dalam bukunya “Submit Now: Designing Persuasive Web Sites“. Menurut Chak, user dari website yang berorientasi bisnis (seperti web e-commerce) dapat dibedakan menjadi empat tipe user, yaitu:

1. Browser, yaitu user yang baru pertama kali menjelajah web itu.
2. Evaluator, yaitu user yang sudah cukup mengenal web itu dan ingin melihat lebih detail mengenai produk.
3. Transactor, yaitu user yang hendak melakukan transaksi dan sudah siap membeli.
4. Customer, yaitu user yang sudah pernah bertransaksi dan ingin kembali bertransaksi.

Sedangkan Usability dapat diartikan secara singkat sebagai kemampuan user untuk belajar dan menggunakan sebuah produk untuk mencapai tujuan yang diharapkannya disertai dengan seberapa baiknya pengalaman yang diperoleh user saat produk tersebut digunakan.

Leave a Reply