Kajian web Usability jamtanganku.com_view

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita lihat seperti apa sih jamtanganku.com… terutama penampilan luarnya yang tentunya sangat mudah dilihat, sangat sering dilihat, dan merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan sebuah situs layak atau tidak.

Jamtanganku.com menggunakan layout dua kolom, dengan konten utama terletak pada bagian kanan dan sidebar pada bagian kiri. Pada bagian atas terdapat header. Situs ini tidak memiliki logo. Headernya berisi nama situs, call center dan gambar-gambar produk yang ditawarkan pada situs ini. Terlalu banyak kontras yang ditampilkan pada headernya. Misalnya saja, ukuran font yang terdiri dari empat jenis, begitu juga dengan warna fontnya. Penempatan gambar cukup berantakan, sehingga cukup mengganggu pemandangan.

Pada sidebar terdapat kategori jam tangan, namun kategori nya terlalu panjang kebawah dan hanya berdasarkan merk jam tangan yang diurutkan berdasarkan abjad. Hal lain yang membuat tidak nyaman dan akan butuh waktu lama dalam mencapai tujuannya adalah penempatan search box yang jauh dibawah, penempatan yang kurang aksesibel bagi pengguna. Yang agak membingungkan dalam situs ini adalah tidak ada fungsi untuk memasukkan barang kekeranjang belanja dan untuk daftar ataupun login.

Pada konten utama terdapat gambar produk yang dijual, namanya dan harga produk tersebut, pada tiap produk langsung terdapat button Beli, hal ini membantu pengguna untuk mempercepat proses pembelian produk.

Leave a Reply